Minggu, 25 Oktober 2020

Rasanya Sekangen Itu



Hola, Internet! Salam hangat dari diriku yang baru bangun dari hibernasi. Berbulan-bulan lupa tujuan dari diciptakannya ruang ini untuk apa. Bukan lupa sih, lebih tepatnya lagi takut buat nulis lalu diposting. Sebab selama pandemi, rasanya pikiran sama hati belum tertata. Memang tujuanku menulis itu sebagian untuk menata hati, ya tapi untuk tulisan yang nggak siap kayaknya cuma jadi konsumsi pribadi. Draft lagi? ya iya lah! Hehehe. 

Semoga otakku masih diberi kemampuan dan kelancaran dalam menyusun kata, juga si jari-jemari yang sudah kaku ketuk tuts ini nantinya nggak keserimpet. Sudah agak kesemutan sih, tapi mau lanjut. *Yoss ganbatte!*

Mau basa-basi nanya kabar, tapi semoga nggak basi ya. How's life? Semoga selau dalam lindungan dan penjagaan-Nya, diberikan kesehatan baik akal, badan, pikiran, kantong, juga saldo. Aamiin.


Saya tuh kangen banget ya Robb nulis di sini. Beneran. 

Mendadak jadi sedih sekaligus tertohok ketika Mama bertanya, "SEKARANG MASIH NGEBLOG?" di sela-sela obrolan kami. Ya, selepas Maghrib hari itu, kami nggak sengaja ngomongin "perasaan anak perempuannya yang tak terbalas" yang berakhir malah ngomongin perjalanan kenapa saya suka nulis. 

Cerita tentang rasa tak terbalas itu biarlah tidak usah dibahas di sini. Bagi orang-orang terdekat yang pernah jadi tong sampah kisah ruwet saya dalam urusan hati, mereka pasti paham cerita ini akhirnya seperti apa dan siapa yang dimaksud. EHE. Baik, mari diskip saja lah ya, udah basi juga.

Cuma mendadak tergelitik ketika Beliau tanya, "Sekarang masih (nggak terbalas)?" WKWKWK otomatis jawabanku ngakak laaaaaah. Ya Allah berilah hamba kekuatan untuk hal ini. *tarik napas*

"Udah mantap, Mah. Aku wes nggak mau peduli lagi juga, capek dihantui hal ketidakjelasan kayak gitu." ucapku laiknya anak perempuan yang sudah lulus move on jalur prestasi. Tapi beneran udah netral ceu sekarang. Capek bet ah elah capeeek kalau masih di sana.~ Kalau boleh mengutip isi obrolan sohib saya yang dituju kepada saya,  

" Hidup kita tuh udah ruwet, nggak usah nambahin beban pikiran dan perasaan lu sama hal nggak jelas kayak gitu deh." - Shlvlstr

 

Ucapan kawan hamba ada benernya banget memang. Nggak salah dia tuh. Dari hal kayak gini, saya jadi ngaca, kalau manusia debu ini pernah alay dalam urusan rasa. Cyaaat. G bgt ish kl dipikir-pikir tuh. Wkwkwk. Tapi pernah dengar di mana gitu, kalau ini salah satu bukti kalau lu juga manusia. Y mksd maneh teh selama ini urang ikan kitu? y mn ak tahu ak kan spotipay~ 


    Di perbincangan malam itu dengan Mama, saya ngasih tahu bagaimana proses saya bisa terjerumus di dunia blog yang sekarang udah jarang dijadiin pelarian nulis. Kurang lebih saya ceritain kayak di sini, tapi tentu cerita ke Beliau dengan lebih detail. Sampai kayaknya beliau bingung gitu dengerin ocehan saya, bikos ada beberapa istilah yang nggak Beliau paham. Hehe. Pelan-pelan ceritanya, eh ditinggal tidur. Nasyib.~ 


Saya bagi tahu ke Beliau siapa orang-orang di balik tulisan saya (selain Beliau) yang berkontribusi, mempercayai dan memberi semangat ke saya tanpa henti sampai saat ini. Huhu. Asli sampai sekarang masih merinding aja kalau diinget. Mulai dari semangat yang langsung tertuju ke saya maupun dari mereka yang rela ngetik teks karena terhalang jarak. Padahal isi blog juga tulisan saya di media lain cuma sampis pun ampas, tapi mereka masih memberi semangat ke saya buat terus menulis. Huhuhu. 

Meski saya nggak tahu itu ikhlas apa enggak, tetap saja otak saya menanam bahwa ucapan mereka amat berharga. Nggak paham lahhh. Hatur nuhun semua untuk setiap doa dan dukungannya. Semoga Allah memudahkan segala urusan kalian. Aamiin.

Hal tersebut jadi bikin saya mikir, agak kurang pas juga ya kalau semangat yang mereka kasih ke saya nggak dimaksimalin. :') Sempat mikir juga sih, ya w mah apa atuh mau nulis aja banyak mikir, nggak mangfaad, nggak pernah berprestasi juga dan selalu main aman. Ohohohooooo. Tapi sampai detik ini saya masih dan akan terus mencoba, agar tulisan-tulisan saya punya makna di hati sendiri juga pembacanya nanti, bukan sekadar curhatan semata. E tapi kalau sesekali nulis curhat boleh kali. Wkwk.


Perjalanan saya menyukai hal ini bisa dibilang nggak komit pada awalnya. Berawal dari tugas sekolah nulis cerita berlembar-lembar folio, nulis di fesbuk biar dia tahu perasaan saya kala itu #cailahgelibangey, eh nyamber ke cerbung, lari ke blog karena tugas sekolah lalu diisi banyak curhatin masa-masa sekolah, ngeracau tanpa arah dan sebagainya. Nggak jelas. WKWK. Sudah gitu nggak pernah rutin diisi pula. Ampun dah.

Beneran, perjalanan buat ngeblog ternyata nggak semulus itu cuy! (buat yang inkonsisten kayak saya ini ya). Kalau saya telisik lagi, hem panjang juga. Tapi saya jadi paham proses saya menemukan dan menjadikan menulis sebagai salah satu jalan ninja kalau lagi pusing adalah benar adanya. Seberpengaruh ituuuu. Saya nggak bisa lepas dari hal ini. Meski sampai detik ini tulisan saya masih cuvu dan di situ-situ aja, nggak apa, saya harus menikmatinya. 


Sering saya merasa iri kalau main ke blog temen online ataupun teman dunia nyata yang masih konsisten posting. Tiap saya bacain postingan terbaru mereka, terasa sekali jika tulisan mereka berbobot. Beda lah rasanya kalau baca tulisan yang matang tuh, jangan disamain sama tulisan kayak gini. wkwk. 

Tapi saya akui, saya juga berbeda dengan mereka. Saya sadar amat ketinggalan jauh. Saya tahu proses mereka dalam menciptakan tulisan memang keren. Mulai dari melahap bacaan, tontonan dan hal lain yang bikin mereka kalau mikir tuh waz wiz wuz. Dah w mah kalau ditanya bacaannya apa, paling mentok buku tahun lalu yang belum kelar dibaca. *tertawa getir*

Hal tersebut senantiasa membuat saya semangat dan sadar. Dari situ perlahan saya mulai mengejar ketertinggalan dengan versi saya. Mulai dari membaca dan menyelesaikan bacaan, lalu mencoba hal-hal yang nantinya kalau ada waktu bisa saya ceritakan, nabung memori-memori cerita pribadi, sambil terus belajar banyak hal di luar konteks menulis itu sendiri. Belajar langsung dari kehidupan yang ditulis-Nya ini juga salah satu hal yang kalau diceritain syukurnya nggak berkesudahan, meski bumbu lainnya banyak juga. hehehe. Nikmat.


Saya yang banyak kurangnya ini harus berjalan terus nggak boleh berhenti buat nulis. Iya, aneh banget kalau saya berhenti nulis tuh, rasanya kepala sama dada kayak sesek bet dah, karena kebanyakan semuanya disimpan di kepala dan gak punya media lepas unek-uneknya. Meski tahap saya dalam hal ini mungkin nggak secepat lesatan kawan-kawan yang lain, yang bisa bikin tulisan tipe A, B, C, juga nggak segesit laju mereka yang menghasilkan tulisan yang ish bikin mikir. Sebisa mungkin saya sempatkan untuk terus menulis di berbagai media yang saya punya sambil belajar dan sembari menata niat juga. Ehehehe. 


Ya, intinya mah Nur, lu mau nulis kaga usah pusing dah. Nulis tinggal nulis. Perkara lain kalau tulisan lu emang dituju buat A I U, udah pasti perlu dimatengin banget, nggak bisa ngasal kayak begini. Dah ya, kelir? MNTP!


####


Wah, racauan kekangenan buat ke sini nayamul juga ya kalau diketik. Meski nggak pakai persiapan yang matang, biarin deh, kali ini terobos saja. Sekangen itu dan sepuyeng itu kepala saya tadi, jadi harus diluapin. Sekarang alhamdulillah udah agak enteng. :') Alhamdulillah. 



Oke, yuk lanjutin tugasnya! *balik ke dunia nyata*


Sumber gambar: Koleksi Pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca sampai bagian akhir. ^^
Jika ada yang perlu dikomentari, maka komentarilah. Sebab punya perasaan yang dipendam itu memusingkan. Hehe.

NUR AGUSTININGSIH © | THEME BY RUMAH ES